Kamis, 20 Januari 2011

KIAT MENGHADAPI TEST DI SEKOLAH

Saat-saat menghadapi test atau ujian sekolah biasanya para siswa menerapkan teknik SKS alias “Sistem Kebut Semalam”. Artinya, siswa belajar atau menghafal materi pelajaran yang akan diujikan besok seluruhnya dilakukan pada malam harinya. Alhasil, bukannya materi itu masuk ke otak, tapi malah otak jadi hang gara-gara ”over dosis”. Saat berhadapan dengan soal ulangan, semua yang sudah dihafalkan tadi malam tiba-tiba blank.

Terus, jangan pula dibiasakan mencontek. Orang lain serius mengerjakan, kita malah sibuk nyari contekan yang semalam dibuat dengan susah payah. Kebiasaan mencontek menjadikan diri kita kehilangan kepercayaan diri, terlalu mengagungkan hasil daripada proses, dan menjadi benih-benih korupsi tuh! Kalau kita sudah menganggap mencontek itu hal biasa, wah gawat juga generasi muda Indonesia!

Berikut beberapa kiat penting menghadapi test di sekolah.

1. Memahami Materi

Memahami lebih penting daripada menghafal. Hafalan pelajaran akan mudah dilupakan ketika momentum ujian sudah selesai. Akan tetapi, jika kita memahami materi dengan baik, maka seumur hidup akan tetap diingat. Dengan begitu, berkonsentrasilah saat di kelas untuk memahami pelajaran yang disampaikan guru. Jika tidak mengerti, gunakanlah kesempatan untuk bertanya atau meminta penjelasan ulang di luar jam pelajaran.

Cara lain memahami materi pelajaran adalah dengan selalu menuliskan atau menggambar bagian-bagian penting yang kita pelajari. Gambar akan memberikan tanda untuk membantu kita mengingat materi yang telah dipelajari.

2. Mengerjakan Tugas

Mengerjakan tugas yang diberikan guru akan membantu kita memahami materi pelajaran yang disampaikan. Latihan-latihan soal akan memberikan pemahaman untuk dapat dikonstruksi menjadi pengetahuan yang kita kuasai. Jadi, jika ada tugas segera kerjakan, siapa tahu guru kita mengambil soal dari tugas-tugas yang diberikan.



3. Hindari Sistem Kebut Semalam

Menghafalkan materi pelajaran yang akan diujikan dalam waktu semalam tentu pekerjaan yang berat. Sebaiknya cara seperti ini segera tinggalkan karena hanya akan ingat sesaat. Ingat! Tujuan kita belajar bukan hanya mengejar nilai melainkan mampu mengaplikasikan ilmu yang telah kita peroleh sehingga terasa manfaatnya dalam kehidupan.

4. Percaya Diri

Percayalah kepada diri sendiri bahwa kita mampu mengerjakan soal-soal test atau ulangan tanpa harus mencontek atau bertanya kepada teman. Kita perlu menumbuhkan keper­cayaan diri sebagai modal keberhasilan kita selanjutnya. Rasa percaya diri kita akan tumbuh jika kita bersungguh-sungguh dalam belajar.

Hal lain yang harus dipahami bahwa test atau ulangan bermanfaat untuk mengukur kemampuan dan pemahaman kita terhadap materi pelajaran. Alat ukur ini sangatlah penting di dalam proses pembelajaran. Test atau ulangan bermanfaat bagi siswa juga bagi guru. Guru dapat mengevaluasi proses pembelajaran berdasarkan hasil tes atau ulangan yang dilakukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar